FAQ

  1. Apakah produk yang bisa didaftarkan di sistem e-registration OTSM ?

    Untuk saat ini, pendaftaran hanya berlaku untuk obat tradisional dengan komposisi sederhana yang hanya mengandung simplisia yang sudah dikenal secara empiris dengan klaim penggunaan tradisional , dengan tingkat pembuktian umum, dalam bentuk sediaan sederhana minyak obat luar, parem, tapel, pilis, rempah mandi, serbuk luar, salep, ratus, serbuk, dan cairan obat dalam dimana profil keamanan dan kemanfaatan telah diketahui pasti.

  2. Ada berapa tahapan dalam proses pendaftaran ?

    Proses pendaftaran terdiri atas 2 tahapan, yaitu:
    • Pendaftaran perusahaan untuk mendapatkan id perusahaan
    • Pendaftaran produk
    Sistem e-registrasi ini melibatkan proses self assessment, sehingga produk harus dipastikan tidak mengandung bahan yang dilarang digunakan dan memenuhi persayaratan mutu.

  3. Berapa lama proses pendaftaran ?

    Lama proses pendaftaran adalah 7 hari kerja semenjak produsen menyerahkan bukti hasil pembayaran Surat Perintah Bayar (SPB) Registrasi.

  4. Berapa tarif yang dikenakan dalam proses pendaftaran ?

    Tarif dikenakan per produk yang didaftarkan sesuai dengan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah RI NOMOR 48 TAHUN 2010 tentang Jenis Dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Badan Pengawas Obat Dan Makanan. Surat Perintah Bayar per produk dikeluarkan 2 kali, yaitu:
    • Surat Perintah Bayar Pra Registrasi sebesar Rp. 50.000,-
    • Surat Perintah Bayar Registrasi

        
In House Training Safety And Efficacy Traditional Medicine And Heath Supplement • Jadwal Coaching Clinic 2017 • PENERAPAN SISTEM PEMBAYARAN SIMPONI PRODUK OT, SM DAN KUASI • PERUBAHAN JADWAL LOKET SELAMA RAMADHAN • SEHUBUNGAN DENGAN ADANYA KEGIATAN KEDEPUTIAN 2, BERSAMA INI KAMI SAMPAIKAN PERUBAHAN JADWAL PELAYANAN • DAFTAR PESERTA COACHING CLINIC FULL SPECTRUM 7 APRIL 2017 • Pengumuman Training In House Training Safety and Efficacy • Pengumuman Human Capital Management • Desk Konsultasi 6-10 Februari 2017 • Pengumuman Perubahan Jadwal Konsultasi IT • Surat Edaran Tentang Penerapan Pendaftaran Khusus Ekspor Produk OT dan SM • Surat Edaran Perubahan Jadwal Pelayanan OT, SM dan KOS • Pengumuman Crash Program Desember 2016 • Pengumuman Tutup Loket sehubungan dengan acara pemantapan ISO • Pengumuman Grey Area • Pengumuman Crash Program November 2016 • Pengumuman Crash Program Terbaru • CRASH PROGRAM SEPTEMBER 2016 • Pengumuman In House Training Training and Efficacy Traditional Medicine and Health Supplement • Pengumuman Acara Halal Bihalal • Pengumuaman Cuti Bersama Idul Fitri 1437 H 2016 • Pengumuman Crash Program • Pengumuman RaKorNas • JADWAL COACHING 2016 • Pengumuman Kegiatan Internal • Sehubungan dengan adanya workshop bidang IT maka tanggal 28 - 30 maret 2016 di tiadakan • Pengumuman Training of Traineer • In House Training • Daftar Peserta Desk Konsultasi 1 - 5 Februari 2016 • Pengumuman Surat Edaran Tutup Loket • Pengumuman Tutup Loket • RAPAT PELAYANAN PUBLIK • Update Daftar Tanaman Kategori Lowrisk • Pengumuman Upload Desain Kemasan • Informasi Pengambilan SK • Surat Edaran Tentang Perubahan Nama Rekening BPOM RI • LAMPIRAN SURAT EDARAN 1785 - KATEGORI REGISTRASI VARIASI MINOR • Surat Edaran Nomor 1785 Tentang Penerapan Sistem Registrasi Baru dan Variasi Kategori Minor • Jadwal Coaching Clinic Tahun 2015 • Surat Edaran No. 1012 Tentang Registrasi Ulang OT dan SM • Pengumuman : Batas Waktu Pendaftaran Ulang • Penerapan E-Tracking Dalam Rangka Registrasi Baru dan Variasi OT dan SM • Pengumuman Pelayanan Di Loket Registrasi Obat Tradisional dan Suplemen Makanan • Surat Edaran Percepatan Izin UKOT • Surat Pemberitahuan Terkait dengan Keagenan lebih dari satu dan surat Penunjukan Palsu • Pengumuman Mengenai Mekanisme Pengembalian bukti pembayaran PNBP • Daftar Positive List Bahan Baku • Tahapan Implementasi Registrasi Elektronik Obat Tradisional
        
© 2012 - Badan Pengawas Obat dan Makanan - Republik Indonesia
Suitable View @ Chrome / Firefox4+ / IE7+ / Opera / Safari